Senin, 23 Desember 2013

DENAH LOKASI ACARA

Bagi sebagian orang, denah lokasi sebuah acara adalah sesuatu yang sederhana. seringkali penulis mendapati orang yang menanyakan alamat hanya berbekal data seadanya saja seperti nama orang dan nama jalan saja. padahal untuk kota seluah jakarta, hanya berbekal data seadanya bisa jadi akan membawa kita keliling kota tampa arah yang jelas. 
Pernah beberapakali penulis juga mendapati kawan yang minta tolong dibuatkan denah lokasi di detik" terakhir mereka mau menyebarkan undangan dengan alasan percetakannya kelupaan. padahal kalo mau jujur saja, mereka biasanya malas berhubungan dengan percetakan untuk urusan yang seperti itu, atau bisa jadi tukang setting disana malas mengerjakannya karena klien yang bawel dan minta bayaran murah. ah sudahlah, apapun alasannya yang jelas sudah waktunya kita mulai belajar menghargai karya orang


Ini saya berikan beberapa contoh denah lokasi acara yang bisa dijadikan bahan rujukan jika ada saudara atau handaitaulan yang kebeneran lagi hajatan. 
paling tidak klo dah punya gambarannya, anda terlihat lebih cerdas ketika menyampaikan ide anda didepan tukan setting percetakan. Atau paling tidak percetakannya punya gambaran awal mengenai keinginan anda.


Sebenarnya sederhana saja, pertama anda harus punya peta lokasi yang sebenarnya. kemudian anda hapus jalan yang sekiranya kurang stategis atau tidak menuju langsung kelokasi acara berada. kemudian hapus beberapa items yang membingungkan para undangan. tandai lokasi atau patokan yang sekiranya bisa dijadikan rujukan menuju tempat acara berlangsung seperti pom bensin di persimpangan jalan, Masjid, plang iklan, dsb.
beri tanda panah mulai dari jalan utama sampai ketempat lokasi, ingat pilih jalan yang paling dekat dan mudah serta bisa dilalui kendaraan. dan yang terakhir, jangan lupa hargai karya orang yang telah membantu anda membuatkan denah lokasi acara tersebut, ada ilmu, dan jiwa seni disana yang patut anda hargai dengan layak.





Tidak ada komentar: